3 Cara Mengatasi Kulit Belang

Posted in News


Warning: Creating default object from empty value in /home/suntikp2/public_html/wp-content/plugins/linklaunder-seo-plugin/nusoap.php on line 75

Warna kulit yang berbeda atau kulit belang memang menjadi masalah bagi kaum wanita yang menyukai kulit putih dan cerah. Apabila kita tidak menjaga dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari, kulit putih pun dapat berubah menjadi hitam dan kulit menjadi belang. Chemical peeling, micro dermabrasi dan injeksi efektif mengatasi kult belang. Seperti apa?

Sering terpapar sinar matahari membuat warna kulit menjadi belang, terutama pada bagian kulit yang tidak tertutup busana. Dijelaskan oleh dr. Kristin Indrati H., SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin, energi dari sinar matahari dapat menembus dan merusak kulit, sehingga terjadi reaksi akut yaitu kulit terbakar dan reaksi kronik yang terjadi menahun dan lambat yaitu keriput, noda hitam dan tumor kulit.

Ditambahkan oleh dr. Awang Pritasari, dokter kecantikan, kulit belang juga dapat terjadi karena pemakaian kosmetik yang tidak cocok dan pengaruh genetik.

Mengatasi Kulit Belang

Treatment mengatasi kulit belang perlu waktu. Diperlukan waktu 3-4 minggu sebelum efek pertama terlihat dan 10-12 minggu hingga perbaikan mulai terjadi. Berikut treatment-treatment-nya:

1. Krim Topikal dan Chemical Peeling

Penggunaan krim tropical chemical peeling dengan AHA (alpha hydroxyl acid) dan BHA (beta hydroxyl acid) aman untuk semua jenis kulit dan resikonya minimal. Peeling dengan gylolic acid membutuhkan waktu 3-6 minggu. Chemical peeling dapat mengelupaskan kulit belang dalam waktu 10 hari, padahal regenerasi kulit normal berlangsung selama 28 hari. Setelah kulit terkelupas diberi krim untuk proses penyembuhan lapisan kulit bawah.

Ada tiga tingkatan chemical peeling. Pertama, superficial peeling yang menggunakan AHA, yang dapat digunakan untuk mereka yang kulitnya kasar, kering dan kusam. Bisa dikombinasikan dengan bleaching untuk menyamarkan kulit yang belang. Kedua, medium peeling menggunakan TCA (trechloroacetic acid) untuk menghilangkan kerutan dan bekas jerawat. Ketiga, deep peeling yang menggunakan carbolic acid atau phenol untuk mereka yang keriput, timbul flek hitam dan kulit belang. Pengerjaannya hanya untuk kulit wajah, karena jika digunakan pada leher dan tubuh bisa menyebabkan luka.

2. Dermabrasi

Merupakan metode pengelupasan kulit untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Jika sel kulit mati terangkat maka regenerasi kulit terjadi. Dalam 2-3 minggu hasilnya sudah terlihat.

3. Injeksi

Injeksi merupakan pilihan terakhir. Biasanya untuk mengatasi kulit belang yang disuntikkan adalah gluthatione dan vitamin E.

Meski sudah menjalani treatment, sebaiknya di rumah tetap melakukan perawatan menggunakan lotion yang mengandung whitening pada malam hari dan tabir surya SPF 30 pada pagi hari.

Produk sejenis